Cara mengatasinya mudah. Bila mendapati jamur di kaca mobil seperti ciri-ciri di atas dan tetap tidak bisa hilang meskipun sudah dibasuh dengan air dan digosok berkali-kali, ikuti saja langkah ini.
- Siapkan cairan pembersih jamur yang banyak dijual di toko aksesori kendaraan atau supermarket besar di kota Anda.
- Cuci kaca mobil dengan air bersih, lalu keringkan dengan menggunakan lap atau kanebo.
- Lumuri kaca secara rata dengan cairan pembersih jamur.
- Gosok dengan kain kering bersih dan halus dengan arah memutar.
- Lap lagi dengan kanebo basah sampai cairan penghilang jamur tidak tersisa di kaca, lalu keringkan kaca dengan kanebo.
- lakukanlah sampai 2 atau 3 kali untuk jamur yang membandel.
Agar hasil lebih baik, jangan lumuri kaca secara keseluruhan. Lumurilah beberapa bagian dulu saja yang akan kita gosok. Hal ini untuk mencegah timbulnya efek buram (atau seperti pelangi ketika diterpa sinar) akibat pembersih jamur yang sudah mengering di kaca sebelum kita sempat menggosoknya.
Dengan memperhatikan 6 poin di atas, jamur sudah dapat kita hilangkan. Namun, bagi pemilik mobil-mobil buatan Eropa, ada sedikit perhatian khusus saat memilih cairan pembersih jamur. Cari cairan yang memang dikhususkan untuk mobil-mobil Eropa. Sebab, beberapa mobil buatan Eropa lebih sensitif sehingga kadangkala kaca menjadi kusam atau malah tergores setelah dipoles. Untuk menghindari hal ini sebaiknya tanyakan kepada penjual mengenai merek mana yang bisa diaplikasikan untuk kaca mobil Eropa. Agar lebih aman lagi, sebaiknya coba dahulu pada kaca yang ukurannya kecil, setelah dipoles lalu tunggu beberapa menit untuk melihat hasilnya.
Jika langkah-langkah tadi tetap tak membuahkan hasil, artinya jamur yang melekat pada kaca-kaca mobil Anda tergolong sangat bandel. Jenis ini tidak bisa kita selesaikan hanya dengan cairan pembersih jamur. Anda perlu membawa ke salon mobil. Mereka memiliki alat dan cairan khusus untuk menggosok pada kaca yang terkena jamur.
Jangan lupa, setelah kaca-kaca mobil bersih dari jamur, rawatlah agar jamur-jamur itu tidak muncul lagi. Cara mencegahnya pun sederhana. Pertama, segera bersihkan mobil setelah berkendara di bawah guyuran hujan agar debu atau kotoran tidak menempel lama di kaca-kaca mobil. Kedua, untuk kaca-kaca depan dan belakang, selalu jaga kondisi air washer agar dapat kita gunakan untuk membersihkan kaca-kaca. Hindari memakai car cover jika cuaca lembab. Jika tetap ingin menggunakan, pastikan kaca dan car cover dalam keadaan kering sebelum kendaraan ditutupi.
Sumber : AstraWorld
ass kang wah udah lama kita gak nteraksi. gimana kabarnya hari ini??? apa kabar juga majalengka? kangen juga pulang ke majalengka
hatur nuhun tos mampir di blog MTC kang…mangga diantos bilih bade mampir di saung butut abdi ….. majalengka seperti biasa kang blm ada perubahan yg begitu signifikan hanya dari sisi organisasi otomotif lumayan ada perkembangan.
salam
bos saya baru beli timor sohc th 96 akhir dan mendapatkan masalah pada penkabelan atau kelistrikannya,
apa sampeyan punya bagan atau gambar kelistrikan mobil timor sohc..
untuk informasinya kami ucapkan terima kasih
salam hangat
sodik family
Salam..
Kang.. saya punya timor SOHC tahun ’96, duh mani asa buntu ada 2 masalah di mobil saya:
1. Saya sdh beberapa kali ke bengkel untuk stel kabilator karena langsam mobil ga stabil, saat di check dibengkel sudah bagus selang beberapa saat di jalan begitu lagi dan lagi mesin suka mati sendiri rpm ngedrop sendiri, saya coba di stel rpm tinggi 1200 tapi wkt pake AC dan lampu rpm nya drop ke 800.
2. Mesin di bagian kopling/transmisi saat warming up terdengan suara kereket2, tapi sewaktu diinjak kopling suara itu hilang. Akhirnya saya putuskan dibawa kebengkel untuk diganti dek laher dan kopling, matahari tidak karena menurut bengkel masih bagus. Ternyata selang beberapa hari suara itu muncul lagi.
Bisa kiranya Akang memberikan tip buat masalah mobil Timor saya.
Apa Akang punya bengkel referensi untuk Timor di Majalengka?.
Haturnuhun sateu acanna.
Wasalam
Masalah no.1 banyak dialami pengguna sohc. solusinya servis karburator dan bila diperlukan diafr triple act diganti. servis carbu timor gak bs sembarangan, yg terbukti ok di timor kancra (bandung), itupun mkn perlu 3 kali visit sampe stabil. bila servis carbu timor di bengkel umum, seringkali ada bbrp parts yg tdk dipasang, dan beberapa saluran pd diafr triple act ditutup, solusi seperti itu plg bertahan bbrp hari. maintenance carbu timor mmg perlu extra effort, tp kalo sdh ketemu stelannya… dijamin stabil dan kenceng abis.
bagaimana mengatasi rpm yang drop saat ac dinyalakan, mobil saya timor dohc.
Ass.wr.wb.
Akang2 sadayana, punteun. saya termasuk salah satu penggemer timor. saya masih newbie n mau tanya2 ke akang2. saya ada timor sohc ’97 tapi sepertinya kaki2nya kurang asik lagi kalo melintasi jalan rusak ato bergelombang. sangat terasa terutama ban depan kanan seperti mental2 (maklum gak tau istilah otomotifnya) bagaimana cara mengatisipasi dan membuat kaki2 agar lebih terasa nyaman.
terima kasih atas sharing2 dari akang semua
salam hangat,
agie
hey there and thank you for your information – I’ve definitely picked up something new from right here. I did however expertise some technical points using this site, as I experienced to reload the web site many times previous to I could get it to load properly. I had been wondering if your web hosting is OK? Not that I’m complaining, but slow loading instances times will often affect your placement in google and
can damage your quality score if advertising and marketing with Adwords.
Anyway I’m adding this RSS to my email and could look out for a lot more of your respective fascinating content. Ensure that you update this again very soon.
Hello, the whole thing is going well here and ofcourse every one
is sharing data, that’s in fact fine, keep up writing.